Fungsi Element Electrik Solahart

Fungsi Element Electrik Solahart Operasi Listrik Standar Pemanas Air Listrik Standar Standar listrik -1 solar water heater pada solahart pemanas air bertenaga Matahari

Fungsi Element Electrik Solahart
Bagian ini memberikan tinjauan umum tentang pemanas air listrik standar. Bagian pertama dari bagian ini memiliki ilustrasi, foto, dan deskripsi singkat dari setiap bagian. Bagian kedua dari bagian ini menjelaskan pengoperasian pemanas air listrik standar. Ketika bagian ini selesai, pembaca harus memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana pemanas air listrik standar mentransfer panas ke dalam air.

Elemen - Unsur ini terdiri dari kawat bagian dalam yang dikelilingi oleh bahan pengisi yang ditutup dengan selubung tembaga atau baja tahan karat. Thermostat memungkinkan arus listrik mengalir melalui kawat dalam, dan dari resistansi kawat, menciptakan panas, yang ditransfer melalui bahan pengisi ke selubung luar dan kemudian diserap oleh air. Elemen dapat tersedia dalam watt yang berbeda, dan material, untuk memenuhi persyaratan pemanasan spesifik.

Standar listrik -3
Standar listrik -2

Saat memasang pemanas air listrik baru, atau mengikuti pengeringan tangki untuk tujuan pemeliharaan, tangki harus benar-benar diisi ulang sebelum menerapkan daya ke elemen. Memberi energi pada elemen pemanas yang tidak sepenuhnya terendam air disebut sebagai "penembakan kering," dan akan menyebabkan elemen tersebut segera terbakar.

Sirkuit Kontrol - Sirkuit kontrol satu fase standar terdiri dari sakelar kontrol batas tinggi dengan tombol reset, termostat atas, termostat bawah, dua elemen pemanas, dan kabel. Thermostat atas pertama-tama mengirimkan energi listrik ke elemen atas hingga suhu air di sepertiga atas tangki mencapai pengaturan termostat. Daya kemudian ditransfer ke elemen yang lebih rendah sampai air yang tersisa mencapai pengaturan termostat yang lebih rendah. Jika suhu air melebihi 170 ° F, sakelar kontrol batas tinggi akan trip, mematikan daya ke elemen. Pemanas air elemen tunggal memiliki satu elemen yang dipasang di bagian bawah tangki, dikendalikan oleh termostat tunggal dan sakelar batas tinggi.

Operasi Pemanas Air Listrik Standar
Standar listrik -4
Pemanas air listrik beroperasi dengan menggunakan satu atau dua elemen pemanasan langsung, dikendalikan oleh termostat atau modul kontrol mikroprosesor, yang memanaskan air di dalam tangki ke suhu yang diinginkan. Ada banyak pilihan, termasuk watt / voltase elemen, jenis material yang elemennya dibangun, jumlah busa isolasi yang mengelilingi tangki, selain kapasitas penyimpanan tangki.

Standar listrik -5
Rangkaian kontrol pemanas air listrik rumah tinggal standar terdiri dari sakelar reset batas tinggi manual, termostat atas, termostat bawah, dua elemen pemanas, dan kabel.

Ketika daya awalnya dinyalakan ke unit, elemen atas diberi energi dan memanaskan air di sepertiga atas tangki (lihat gambar 1).

Ketika sepertiga atas tangki dipanaskan hingga mencapai suhu yang diatur pada termostat atas, daya dialihkan ke elemen pemanas yang lebih rendah. Elemen bawah terus memanas sampai suhu air di bagian bawah tangki dipanaskan ke pengaturan termostat yang lebih rendah (lihat gambar 2).

Saat air panas diambil dari bagian atas tangki, tabung celup memberikan air dingin ke bagian bawah tangki (lihat gambar 3).

Standar listrik -6
Akhirnya air dingin bercampur dengan panas, menurunkan suhu ke bawah pengaturan termostat yang lebih rendah dan elemen dasar diberi energi. Jika cukup air yang diambil untuk mendinginkan sepertiga bagian atas tangki, termostat atas akan mengirim daya ke elemen atas terlebih dahulu. Ketika sepertiga atas tangki dipanaskan, daya akan kembali dialihkan ke elemen yang lebih rendah (lihat gambar 4).

Standardelectric -7
Jika elemen atas terbakar, pemanas air akan berhenti berfungsi karena termostat atas tidak akan pernah puas dan daya tidak akan pernah beralih ke elemen bawah.

Jika suhu air dalam tangki mencapai 170 ° F, sakelar reset batas tinggi manual akan terputus. Sakelar ini dapat diatur ulang dengan menekan tombol merah di atas termostat atas. (Lihat gambar di atas dengan tombol reset.)

Pemanas air elemen tunggal memiliki satu elemen yang dipasang di bagian bawah tangki yang dikendalikan oleh termostat tunggal dan sakelar batas tinggi.

No comments :

Post a Comment